Penelitian Sosial Observasi

Tulisan ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh perubahan sosial dari zaman tradisional dan zaman modern. Hasil observasi ini dilakukan di daerah Pamotan Jawa Tengah. Observasi ini mencakup perbedaan rumah zaman dahulu dan zaman sekarang, pakaian zaman dulu dan zaman sekarang, peralatan rumah tangga zaman dulu dan zaman sekarang. Didaerah Pamotan sangat sulit menemukan pakaian zaman dulu, namun yang lainnya cukup mudah menemukannya. Hasil ini ditemukan dari rumah ke rumah, dan setiap anggota kelompok mengambil bagian potret berbeda-beda karena mendapat bagian masing masing. Kami memfokuskan terhadap sistem sosial yang berubah dari perubahan norma sosial, kelompok sosial, hingga interaksi sosial. Berikut merupakan perubahan yang terjadi dari zaman ke zaman.



# Adapun perbedaan antara zaman dahulu dan zaman sekarang, seperti:

a. Perbedaan rumah zaman dulu dan modern,
b. Perbedaan pakaian zaman dahulu dan modern,
c. Perbedaan peralatan dapur zaman dahulu dan modern.

A. Perbedaan Rumah Zaman Dahulu dan Modern 

• Berikut gambaran rumah zaman dahulu yang berbentuk limas.
Rumah dengan gaya rumah Jawa Limas yang berada di Desa Jeruk RT8 RW3 Kec. Pancur Kab. Rembang (Fotografer: Amelia Rahayu P. 8 September 2023)

  Rumah Mbah Kalwati menghadap ke sebagaimana memandang rumah Mbah Kalwati ini bertekatan dengan rumah tetangga yang lain. Rumah Mbah Kalwati dulunya dibangun dari bahan kayu Namaun sekarang sudah direnovasi dengan batu bata. Terdapat pintu lipat yang ada di sana dengan jendela-jendela yang ada disebelah nya. Didepan rumahnya terdapat mbale dan satu kursi kecil serta kursi panjang di sampingnya. Biasanya kursi dan mbale tersebut digunakan untuk duduk saat pagi, siang, sore maupun malam. Didalam rumah bagian depan sebelah kiri terdapat ruang tamu, sebelah kanan terdapat kamar, dan dibagian tengah merupakan ruang terbuka yang kerap digunakan untuk menonton televisi bersama. Dengan bagian belakang adalah dapur yang biasa digunaka oleh anaknya Mbah Kalwati untuk memasakkan makanan untuk saudara laki-lakinya dan untuk Mbah Kalwati.


Berikut merupakan gambaran dari rumah modern.
Rumah Sherina dengan gaya rumah modern yang berada di Desa Sridadi RT3 RW13 Kec. Pamotan Kab. Rembang (Fotografer: Sherina Rahmawati 18 September 2023)

   Setelah kami mengunjungi rumah Mbah Kalwati lantas kami mengunjungi rumah Sherina. Model rumah Sherina tampak berbeda karena rumah Sherina tampak dibangun dengan material tembok dan desain yang sudah berbeda dari rumah Mbah Kalwati. Desain rumah Sherina atapnya berbentuk segitiga dengan pagar warna hitam didepan rumah, serta depan rumah yang banyak sekali pohon buah buahan ini terlihat modern dibandingkan dengan rumah Mbah Kalwati yang memiliki atap limas serta hanya terdapat dua pohon mangga didepan rumahnya. Disebelah kiri rumah Sherina terdapat ruang tamu disebelah kanan terdapat kamar 1, didepan pintu pun terdapat pelataran yang dapat menuju kamar yang ke 2. Dibagian belakang sebelah kanan terdapat kamar 3 dan disebelah kiri terdapat dapur yang biasa digunakan ibu Sherina untuk memasakkan keluarganya yang terdiri dari Sherina, kakak Sherina, keponakan Sherina, ibu Sherina serta ayah sambung Sherina .



B. Perbedaan Pakaian Zaman Dahulu dan Zaman Modern.

• Berikut salah satu contoh pakaian zaman dahulu.
Pakaian Mbah Sutini yang menggunakan kebaya dan jarik, dan Mbah Takrim yang menggunakan kaos dan celana sederhana dari Desa Samaran RT 2 RW 2, Pancur, Rembang ( fotografer : Siti Nur Janah anggota kelompok sebelah, 16 September 2023)


   Pakaian orang zaman dulu dengan sekarang sangatlah berbeda. Pakaian zaman dahulu cenderung menggunakan kebaya dan jarik sebagai bawahannya. Sedangkan untuk lelaki hanya menggunakan kos dan celana pendek yang sangat sederhana.Terlihat dari potret dari Mbah Takrim dan Mbah Sutini yang merupakan sebagai contoh pakaian zaman dahulu. Orang zaman dahulu menggunakan pakaian kebaya dan jarik sebagai pakaian sehari hari, sebagai pakaian bepergian, maupun pakaian saat ada acara-acara penting. Hal tersebut juga merupakan cirikhas pakaian orang Indonesia di zaman dahulu.


• Berikut salah satu contoh pakaian zaman modern

 Pakaian Sherina dan Saskia dengan gaya modern. (Fotografer: Bayu, 26 Agustus 2023)


  Berbeda dengan pakaian zaman dahulu yang selalu menggunakan kebaya dan jarik, pakaian zaman sekarang sangat lebih modern dikarenakan adanya perkembangan zaman dan pengaruh dari globalisasi . Pengolahan bahan dasar pakaian zaman dahulu dengan sekarang juga sangat berbeda,seperti halnya pakaian yang dikenakan Sherina dan Saskia. Pada zaman sekarang orang akan menggunakan pakaian sederhana seperti kaos saat dirumah. Namun akan menggunakan pakaian yang bagus saat akan keluar rumah. Pengolahan pakaian zaman dahulu dan sekarangpun berbeda. Jika pada zaman dahulu pengolahan bahan dasar pakaian sangat sederhana sedangkan pengolahan bahan dasar pakaian zaman sekarang sangat modern dan terkadang ada beberapa yang terkesan mewah.


C. Perbedaan Peralatan Dapur Zaman Dahulu dan Modern.

• Peralatan dapur zaman dahulu.
Peralatan dapur zaman dahulu yang digunakan oleh Mbah Suparni dari Desa Ukir RT2 RW1, Pamotan, Rembang (fotografer: Saskia Herlina Zulfa 18 September 2023)


Alat memasak pada zaman dahulu sangat lah sederhana dan terbuat dari tanah lempung ataupun batu bata yang disusun, dan hal itu biasa disebut dengan Pawon. Seperti contohnya Pawon Mbah Suparni yang ada di Desa Ukir. Pawon Mbah Suparni terlihat sederhana dengan dengan batu bara dan semen sebagai Mahan dasar pembuatannya. Di pawon Mbah Suparni juga ada gentong sebagai benda untuk menampung air. Pawon tersebut biasa digunakan Mbah Suparni memasak untuk keluarganya. Untuk memasak Mbah Suparni harus mengambil kayu yang kering dan korek untuk menciptakan api sehingga Mbah Suparni dapat memasak untuk keluarganya.


• Peralatan dapur zaman sekarang

Peralatan dapur modern yang digunakan oleh Ibunya Sherina dari Desa Sridadi RT3 RW13, Pancur, Rembang (fotografer: Sherina Rahmawati 18 September 2023)


Berbeda dengan dapur zaman dulu dapun zaman sekarang terkesan sangat modern dengan kompor sebagai benda utama memasak pengganti pawon. Seperti dapur Sherina yang menggunakan kompor sebagai benda memasak untuk menyalakan kompor pun hanya diperlukan gas LPG. Didapur Sherina pun ada panci dan wajan untuk memasak, rak untuk menaruh bahan dan alat memasak. Dapur zaman sekarang menyediakan wastafel untuk mencuci peralatan memasak dan teko sebagai tempat air minum. Dapur tersebut kerap kali digunakan ibunya Sherina memasak hidangan makanan untuk keluarganya



Demikian penelitian hasil observasi yang bisa kelompok kami lakukan dan kelompok kami sampaikan. Kelompok kami mengucapkan terimakasih karena telah membaca laporan hasil observasi ini.



Anggota Kelompok:

• Amelia Rahayu Putriyaningsih (4)

• Saskia Herlina Zulfa (27)

• Sherina Rahmawati (29)

• M. Adi Tri Pratoga (21)

• Samsul Anwar (32)









Postingan populer dari blog ini

Menyususun Pertanyaan saat Wawancara

LAPORAN LEARNING TOUR SMAPA X IPS 2